Buk Ni, Ahli Pijat Urat Dan Patah Tulang Dari Sumput Sidoarjo

Wartasidoarjo.com - Desa Sumput Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo - Jawa Timur dikenal sebagai tempat penyembuhan patah tulang, keseleo, salah urat dan lainnya atau sangkal putung. Salah satunya orang yang memiliki keahlian itu adalah perempuan berusia 54 tahun yang bernama Buk Ni.


Buk Ni atau biasa dipanggil dengan sebutan umik ini, dikenal memiliki keahlian tidak saja untuk pasien patah tulang. Tetapi juga sangat memahami soal urat syaraf. Tidak heran kalau ada pasien yang datang selalu dibetulkan pada bagian urat yang bermasalah sehingga kembali normal seperti semula.

Karena keahlian membetulkan urat syaraf itu, orang yang datang tidak hanya melulu patah tulang saja. Tidak sedikit yang datang minta tolong karena sakit urat kejetit, keseleo, persendian geser (dislokasi), linu dan otot terasa kaku. "Kalau otot atau urat terasa kaku biasanya karena terlalu tegang  kurang istirahat, harus diurut untuk dibetulkan sehingga lemas kembali," kata perempuan yang lahir 1953 ini kepada wartasidoarjo.com, Kamis (12/1/2017).

Buk Ni selain paham soal tulang dan urat, juga melayani pasien dengan keluhan kolesterol, asam urat dan lambung. Untuk ketiga keluhan ini Buk Ni tidak menanganinya seperti pasien patah tulang, melainkan dengan teknik pijat urut yang dimilikinya. Tidak jarang juga pasien yang datang ke Buk Ni dengan ketiga keluhan ini.

"Saya mulai melayani pasien sangkal putung ini tahun 1981. Alhamdulilah dengan ijin Alloh SWT, saya bisa membantu sesama yang kebetulan mengalami sakit patah tulang, keseleo, salah urat dan lainnya. Saya dulu belajar langsung dari ibu saya," ujar Buk Ni yang juga dikenal rajin tirakat ini.

Orang tua Buk Ni, (Almarhumah) Saminah atau dikenal dengan panggilan Mbah Nah yang juga asli warga Desa Sumput dulunya terkenal dengan kemampuannya menyembuhkan patah tulang (sangkal putung). Dari pernikahannya dengan Samari (Almarhum) saat itu memiliki 13 anak, salah satunya Buk Ni, yang mewarisi ilmu sangkal putung.

Selama ini pasien Buk Ni datang dari berbagai daerah di Jawa Timur, selain lokal wilayah Sidoarjo juga dari Surabaya, Madura, Gresik, Mojokerto, Jombang, Malang, Pasuruan, Blitar, Madiun dan lainnya. Bahkan ada orang asing dari salah satu hotel di Surabaya yang juga datang minta bantuan dibetulkan uratnya karena keseleo. Beberapa pemain asing sepak bola yang pernah merumput di klub Jawa Timur juga pernah dipijat Buk Ni.

Alamat praktek Buk Ni, Sumput RT 10 RW 03 Sidoarjo, Sebelah utara SDN Sumput di pinggir sungai ada jalan masuk pavingan ke arah Timur sekitar 150 meter. Kalau ditempuh dari Arah GOR Sidoarjo lurus ke arah barat sekitar 3 kilometer, setelah pertigaan Cemengkalang belok kanan sekitar 2 kilometer sampai ketemu SDN Sumput.
Kalau ditempuh dari pertigaan Kletek - Taman Sepanjang, lurus ke selatan sekitar 12 kilometer hingga ketemu SDN Sumput. Nomor HP yang bisa dihubungi : 085 101 431 551 (Buk Ni)  -  085 103 712 103 (P.Ridwan - suami Buk Ni).

Praktek buka mulai jam 07.00 - 13.00 Wib dan 15.00 - 21.00 Wib. Kecuali pasien gawat darurat yang harus ditolong segera, Buk Ni akan melayani sewaktu waktu di tempat prakteknya. (Ditulis oleh wartawan wartasidoarjo.com : Cak Sony)









 

Guk Yuk

Sekda Akui "Input" Data di "E-budgeting" Sebelum Pembahasan dengan DPRD

Sekda Akui "Input" Data di "E-budgeting" Sebelum Pembahasan dengan DPRD

12 Maret 2015

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah membenarkan bahwa rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yang dikirimkan ke Kemendagri, bukan hasil pembahasan dengan DPRD. Sebab, draf tersebut adalah...